Semua perempuan ingin tampil cantik. Namun, ada satu masalah yang sering menghalangi kecantikan perempuan yaitu jerawat.

Jerawat dengan beragam jenisnya selalu membuat risih pengidapnya. Apalagi jerawat yang tak mau move on meski sudah mencoba beragam obat.

Tapi tahukah kamu jika permasalahan jerawat ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Dan tentunya rasul punya cara untuk mengatasinya.

 

Sebagaimana dijelaskan Lukman (Ibnu As-Sunni yang memperoleh informasi dari beberapa istri nabi).

Istri-istri nabi bercerita, suatu hari Rasulullah SAW menemui mereka. Rasulullah kemudian melihat di antara jari mereka tumbuh semacam jerawat. Rasulullah lantas bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab, “punya”. Rasulullah berkata,“Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.”

Hadits yang diakui oleh Adz-Dzahabi di atas dikeluarkan oleh Al-Hakim. Adz-Dzahabi mengatakan sanadnya adalah shahih, meski Imam Bukhari dan Imam Muslim tidak mengeluarkannya.

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, jerawat atau dalam bahasa Arab disebut “batsrah” adalah sejenis benjolan kecil yang terdiri dari semacam zat panas yang tumbuh secara alami. Jerawat perlu ditunggu agar agak matang, baru dipecahkan dan dikeluarkan isinya.

Minyak wangi dzarirah ini mengandung khasiat yang fungsinya bisa mendinginkan panas jerawat, mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat.

Menurut Lukman, dzarirah merupakan obat India yang berupa wewangian yang dibentuk dari sari batang pohon dzarirah. Sifatnya yang panas dan kering berguna mengatasi jerawat, radang lambung, liver dan kekurangan cairan tubuh, bahkan dapat pula menguatkan jantung.

 

Ratulia.com

Leave a message ∨