Semakin tahun, teknologi semakin berkembang. Adanya perkembangan di bidang teknologi ini memberikan kemudahan bagi setiap orang. Salah satunya dalam hal belanja.

Online shop, layanan belanja yang dilakukan secara online. caranya gampang, cukup duduk manis buka PC atau laptop, tulis keyword barang, pilih situs yang aman, pilih barang, transfer, dan anda dapatkan barangnya.

Yeeey, gampang kan, gak perlu bermacet macet, pilihannya lebih banyak, dan pastinya bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, irit bensin, irit tenaga.

Tapi, ada hal yang harus anda waspadai dalam belanja online ini. Dalam belanja online pertemuan antara penjual dan pembelinya dilakukan secara online yang akan memberikan peluang besar dalam tindak kejahatan seperti penipuan.

Oleh karenanya, Anda harus super super waspada.

Tenang, ratulia.com kali ini akan memberikan tipsnya pada Anda

  1. Sebelum Anda melakukan transaksi secara online, lakukan reset terhadap website

Supaya Anda tidak menjadi korban penipuan online, perhatikan baik baik situs online shop yang Anda kunjungi.

Perhatikan kelengkapan website, seperti kontak yang bisa dihubungi, kebijakan dari pemilik online shop, dll

2. Cek pemilik website.

Dalam online shop tidak ada pertemuan langsung antara pembeli dan penjual, sehingga Anda perlu memastikan bahwa pemilik website orang yang jujur dan terjamin keamanannya.

Sering sharing dengan pelanggan online shop terkait website website online shop yang aman.

 

3. Pahami baik-baik mngenai kebijakan yang diberikan oleh toko online tersebut.

Online shop yang baik dan terjamin akan memberikan kebijakan terhadap tokonya dan akan mematuhi kebijakan tersebut.

Kebijakan ini yang akan membantu pembeli terkait jaminan barang yang dibelinya.

4. Baca dan pahami terkait deskripsi barang.

Pahami kondisi barang yang tertulis pada deskripsi barang. Cari tahu mengenai bahan, ukuran, dll supaya Anda tidak menyesal setelah membelinya. Tentang bahan, apabila Anda kurang paham mengenai bahan, sebaiknya mencari informasi sebanyak banyaknya terkait bahan.

5. Komunikasikan dengan pemilik situs selama proses pembelian, tanyakan secara detail kepada si penjual.

Supaya Anda yakin bahwa si pemilik situs serius merupakan penjual dan merupakan penjual yang jujur, sebaiknya Anda tanyakan secara detail.

6. Jangan mudah tergiur harga yang murah.

Harga suatu barang tentunya disesuaikan dengan jenis bahannya, ukuran, dan modelnya. Pahami, apakah harga dan komposisi barang tersebut logis. Jika Anda kurang memahami terkait komposisi barang seperti apa yang memiliki harga murah, mana yang memiliki harga lebih tinggi, bandingkan dengan online shop lainnya.

7.Tanyakan kepada si penjual kapan barang akan dikirim.

Pada online shop, barang akan dikirim setelah pembeli mentransfer uang. Anda harus pastikan betul apakah si penjual jujur, tidak menipu dan membawa kabur uang Anda. Apabila terjadi, segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

8. Mintalah nomor resi pengiriman barang Anda kepada si penjual.

Nomor resi pasti akan diberikan oleh jasa pengiriman oleh karenanya, mintalah kepada si penjual terkait nomor resi pengiriman sehingga Anda dapat memastikan apakah barang benar-benar dikirim, dan Anda pun dapat mengetahui posisi barang Anda melalui aplikasi atau layanan online dari perusahaan jasa pengiriman.

Weeeh, gampang gampang terjamin kan, belanja via online.

Selamat berbelanja dengan aman…………

Leave a message ∨